Jumat, 20 Juli 2012

KPAD Banjarnegara Gelar Lomba Bercerita Bagi Siswa SD

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banjarnegara, Kamis 19 Juli 2012 mengggelar kegiatan rutin tahunan yaitu lomba Bercerita bagi siswa Sekolah Dasar se Kabupaten Banjarnegara yang berlangsung di aula lantai dua kantor tersebut.
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banjarnegara Dra. Siti Yanuariah, MM. mengatakan, lomba yang diikuti oleh 16 utusan terbaik dari 16 Kecamatan, bertujuan untuk memasyarakatkan dan meningkatkan minat dan budaya baca. Disamping itu, juga dalam rangka pelestarian dan apresiasi budaya local dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang cerdas dan berwawasan luas.
Adapun sasaran dari lomba tersebut adalah untuk menanamkan kegemaran dan kebiasaan membaca terhadap anak sejak usia dini, utamanya dari lingkup siswa SD dan MI di Kabupaten Banjarnegara.
Sementara itu Drajat, S.Pd. selaku ketua tim penilai mengatakan, pada umumnya untuk penampilan peserta sudah cukup bagus meski masih perlu adanya pembinaan lebih lanjut.
Ketua tim penilai juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perpusda yang setiap tahun penyelenggarakan lomba bercerita. Melalui lomba bercerita bisa memberikan dampak positip bagi kepribadian anak, untuk itu agar terus dikembangkan.  Adapun aspek yang dinilai meliputi penampilan, teknik bercerita, penguasaan materi dan skil.
Setelah melalui persaingan yang cukup ketat, akhirnya utusan terbaik dari Kecamatan Pagedongan atas nama Civanda Adi Putri dari SD Negeri 1 Gujungjadi berhasil menjadi juara I dengan perolehan nilai 1.240. Juara II diraih Asa Fadia Brilian. RA dari SD Negeri 1 Krandegan dengan jumlah nilai 1.198, sedangkan juara III diraih Isna Rizqi Khairunisa dari SD Negeri 1 Pucang dengan nilai 1.192.
Kepada para juara panitia memberikan piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan, masing-masing Rp 1 juta untuk juara I, Rp 700 ribu untuk juara II dan Rp 350 ribu untuk juara III. Khusus untuk juara I nantinya akan dikirim untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Propinsi Jawa Tengah pada akhir Juli mendatang. (s.bag)

0 komentar:

Posting Komentar