Kamis, 30 Mei 2013

Lomba Dokter Kecil 2013 Tingkat Kabupaten Banjarnegara

Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Kabupaten Banjarnegara selama dua hari (28-29 Mei) menggelar lomba Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja yang berlangsung di aula Sasana Bakti Praja Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara.
Ketua panitia pelaksana Tjahyono Hariyadi mengatakan, untuk lomba Dokter Kecil diikuti oleh 20 peserta yang merupakan utusan terbaik dari 20 Kecamatan, sedangkan untuk lomba Kader Kesehatan Remaja diikuti oleh 30 peserta putra dan putri yang berasal dari 15 Kecamatan.
Adapun tujuan dari pada lomba tersebut adalah untuk menanamkan kesadaran arti pentingnya kesehatan secara preventif dan promotif bagi semua kalangan masyarakat terutama anak di tingkat paling dasar. Menurutnya pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2012, Kabupaten Banjarnegara baru berhasil meraih juara III di Tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Menurut Tjahyono, sistem yang dilaksanakan dalam lomba antara lain tes tertulis dimana setiap peserta diwajibkan menggarap soal sebanyak 155, tahap kedua adalah tes kesehatan, sedangkan tahap ketiga yaitu pembuatan makalah dengan judul materi tentang Malaria, HIV, Demam Berdarah, Flu Burung dan Diare.
Untuk lomba Dokter Kecil Keluar sebagai juara I Achmad Firmansyah dari SD Negeri Kutayasa, Kecamatan Madukara dengan jumlah nilai 534, juara II Wijil Puspitajati dari SD Negeri Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu dengan nilai 518 dan juara III Ayu Anggraeni dari SD Negeri 1 Wanadadi dengan jumlah nilai 495.
Sementara untuk lomba Kader Kesehatan Remaja, juara I putra diraih Oriza Praba Albani dari SMP Neheri 1 Klampok dengan perolehan nilai 469, juara II Eko Yuli Prabowo dari SMP Negeri 3 Bawang degan jumlah nilai 443, sedangkan juara III Agus Hardika dari SMP Negeri 1 Susukan dengan nilai 437. Di bagian putri juara I Monika Apriliana dari SMP Negeri 1 Wanadadi dengan nilai 548, juara II Nurul Desiana Rohman dari SMP Negeri 1 Wanayaysa dengan nilai 533, adapun juara III Septi Khoirini Utami dari SMP Negeri 1 Wanadadi dengan jumlah nilai 528. Kepada para juara, disamping menerima piala, panitia juga memberikan uang pembinaan.
Wakil Bupati Banjarnegara Drs. H. Hadi Supeno, M.Si. dalam sambutannya menyatakan dukungannya terhadap program seperti itu, karena dianggap mampu memotivasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih. Dengan kondisi masyarakat yang demikian akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, sejahtera, lahir dan batir.
Kepada tim Pembina tingkat Kabupaten Wakil Bupati berpesan agar secara terus menerus memberikan motivasi kepada para juara I agar pada saatnya nanti utusan dari Kabupaten Banjarnegara bisa berbicara di Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 17 hingga 19 Juni mendatang. (s.bag).

0 komentar:

Posting Komentar