Rabu, 20 Februari 2013

Hidup Sehat dengan Jus Jeruk

Hidup sehat dewasa menjadi salah satu kunci pokok untuk menjaga kesehatan. Banyak cara dilakukan oleh manusia yang ingin sehat muai dari healty food, vegetarian dan olah raga hingga olah raga yogalates.

Seiring dengan teknologi yang berkembang saat ini, dimana kita sering membiasakan memakan makanan yang serba instant, maka diperlukan adanya penyeimbang dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral essensial seperti buah dan sayuran.
Rianti Amanda, dalam bukunya berjudul “Terapi Jus untuk Kesehatan” mengatakan, buah dan sayuran adalah salah satu alternatif menekan laju radikal bebas yang ada pada tubuh kita.
Dengan kandungan gizi tinggi yang dimiliki, buah dan sayuran dipercaya bisa mengurangi radikal bebas, karena buah dan sayuran mempunyai antioksidan yang bisa mengamankan sel-sel tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penyakit.
Dalam buku tersebut dijelaskan, buah mengantarkan lebih banyak vitamin, sedangkan sayuran mengantarkan lebih banyak mineral pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari, diyakini akan membantu kesehatan tubuh anda. Tetapi jika anda kurang menyukai dengan buah dan sayuran yang berupa makanan padat, jus bisa dijadikan alternatifnya.
Dengan jus, kandungan gizi buah ataupun sayur tetap terjaga karena dengan buah dan sayuran yang mentah, kandungan antioksidannya tetap terjaga. Selain itu, buah dan sayuran yang dibuat jus akan cepat dicerna dan diasimilasi dengan cepat dan mudah oleh tubuh. Jus adalah salah satu terapi untuk memperoleh kesehatan dan penyembuhan penyakit.
Pada postingan kali ini kami akan mengetengahkan tentang manfaat jus jeruk untuk kesehatan tubuh kita. Jeruk (citurs) memiliki kandungan gizi; calcium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg, vitamin 420 SI, citamin B1 0,07 mg dan vitamin C 31 mg.
Jeruk yang biasa digunakan untuk jus adalah jeruk lemon dan jeruk nipis. Kandungan gizi jeruk yang sangat komplek sangat bagus untuk di konsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan asam folat.
Jeruk berkhasiat untuk memperbaiki percernaan, merangsang nafsu makan, menghancurkan cacnf-cacing di dalam usus, membersihkan pembusukan makanan pada lambung dan saluran lambung. Sangat membantu pencernaan, menjaga system kekebalan tubuh, menetralisir gula darah serta baik untuk saraf dan jantung. Menurunkan tekanan darah tinggi serta menyembuhkan penyakit pada ginjal dan kerusakan kandung kemih.
Berikut kami sampaikan pula cara membuat jus jeruk; siapkan jeruk sebanyak 200 gr dan tambahkan 2 sendok makan madu serta 2 sendok makan gula. Masukkan bahan-bahan tersebut kemudian diblender hingga halus. Disarankan untuk mengkonsumsi jus jeruk sehari 1 kali pada pagi hari sebelum beraktifitas. (s.bag)

0 komentar:

Posting Komentar