Minggu, 01 Juli 2012

SMPN 1 Susukan Sekolah Sehat Maju ke Lomba Tingkat Nasional

SMPN 1 Susukan, Banjarnegara belakangan ini namanya sering diperbincangkan oleh banyak kalangan lantaran prestasinya yang patut diacungi jempol. Selama dua tahun belakangan ini sedikitnya ada 23 prestasi berhasil ditoreh. Terakhir, sekolah itu memperoleh kesempatan untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional tahun 2012.

Lembaga pendidikan yang terletak di Jl. Raya Susukan itu, memang patut mewakili Provinsi Jawa Tengah karena memang telah memenuhi aspek yang ditentukan untuk mengikuti lomba sekolah sehat. Sudah barang tentu keluarga besar SMPN 1 Susukan telah sepakat “siap untuk menjadi sang juara”.
Memang siapa saja yang sempat berkunjung di SMPN 1 Susukan pasti terasa betah untuk berlama-lama tinggal di tempat itu. Pintu gerbang nan elok serta tanaman pelindung yang memenuhi jalan masuk ke ruang kantor menambah asrinya suasana. Singkat kata, apa yang ada disana adalah kebersihan, keindahan dan tentunya kedamaian karena semuanya tertata serta terawatt dengan baik.
Sangkar burung dalam ukuran besar serta kolam biologi nampak diposisikan pada lokasi yang cukup strategis. Disamping untuk persoalan keindahan, tempat ini sekaligus dijadikan sebagai sumber dan media pembelajaran biologi bagi para siswa. Ucap Erry Subekti, S.Pd. MM. selaku Kepala Sekolah.
Yang lebih mengherankan lagi, ternyata di SMPN 1 Susukan hampir tidak ada lahan yang kosong tanpa tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semuanya dikemas menjadii taman sekolah dan kebun obat yang kemudian dimanfaatkan pula sebagai sumber belajar dagi para siswa dan guru.
Penulis yang mencoba untuk datang di lokasi, sempat melihat beberapa siswa dengan didampingi oleh guru wali kelasnya masing-masing sibuk melakukan kerjabakti. Program Sabtu bersih sudah rutin dilaksanakan, bahkan telah dimasukkan dalam jadwal pelajaran.
Apa yang bisa dilihat di SMPN 1 Susukan, adalah sebuah komitmen bersama, mulai dari Kepala Sekolah, segenap dewan guru, karyawan dan semua siswa yang ada, tegas Erry Subekti sambil menambahkan bahwa lembaga pendidikan yang ramah lingkungan, sehat, sejuk dan indah sangat berpengaruh pada proses belajar siswa dan itu akan terus diupayakan peningkatannya.
Dikatakan, sekolah sebagai tempat belajar memang diperlukan lingkungan yang bersih dan sehat untuk mendukung kelangsungan proses belajar mengajar. Lingkungan yang bersih dan sehat akan memberikan dampak bagi para siswa agar memiliki derajat kesehatan yang lebih baik dan kerasan di sekolah.
Kaitannya dengan hal tersebut di atas, maka program UKS yang meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan di Sekolah dan Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat, secara terus menerus di masyarakatkan kepada semua warga sekolah
Dalam realisasinya, masalah kegiatan UKS tidak hanya terkonsentrasi di ruang UKS saja, tetapi lebih bersifat kreatif dan cukup maksimal. Hal itu sudah terbukti dari sikap dan perilaku para siswa dan guru dalam perilaku hidup sehat serta daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar, ucap Erry Subekti.
Tidak hanya itu, halaman yang dipercantik dengan berbagai tanaman bunga dan tanaman obat-obatan juga ditata dan dirawat dengan baik termasuk pengelolaan warung kejujuran. Disamping penataan makanan yang cukup apik, masalah kesehatan sangat diutamakan. Cara penyajiannya terbungkus rapi dan tanpa bahan pengawet yang semuanya mengandung gizi.
Menurut Erry Subekti, untuk mewujudkan Usaha Kesehatan Sekolah tidak terlepas dari peran serta masyarakat, untuk itu pihak sekolah akan terus berusaha menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, sehingga membantu program kebersihan atau kesehatan dan keamanan sekolah. Karena itu pihak sekolah berusaha untuk mengalokasikan dana melalui APBS.
SMPN 1 Susukan yang berdiri pada tahun 1980, hingga kini telah memiliki 23 ruang kelas, satu ruang perpustakaan, satu ruang laboratorium IPA dan dua ruang laboratorium bahasa. Jumlah siswa untuk tahun pelajaran 2011/2012 tercatat sebanyak 800 siswa yang diampu oleh 40 orang guru. (s.bag).

3 komentar:

  1. Mudah - mudahan saja jadi Juara 1 LSS Tingkat Nsional, Amiin

    BalasHapus
  2. waaahh,, , saya turut bangga , saya alumni tahun 2003, sekarang semakin cantik sekolahku, saya inget dengan bpak yang berkumis di foto, Pak Ery Subekti,, hahaaa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alumni 2013 berarti ketua osis wahyudin al yasin

      Hapus