Fauzan A Mahanani,
S.Pd, Kepala SMK Darunnajah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berhasil meraih
Juara 3 Tingkat Nasional dalam Lomba Media Pembelajaran (Permainan Interaktif
berbasis komputer) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan
RI tahun 2012.
Game Interaktif
berjudul “Belajar Mengenal Angka Bersama Kak Gatotkaca” berhasil menyisihkan
120 peserta dari seluruh penjuru tanah air dalam ajang bergengsi yang diikuti
kalangan pendidik maupun praktisi multimedia, baru-baru ini di Jakarta.
Yang menarik dari game
buatan Guru SMK Darunnajah itu adalah “Gatotkaca” yang menjadi tokohnya.
Dipilihnya karakter Gatotkaca menurut Bapak dengan satu anak ini, karena
keprihatinan dirinya dan mungkin para orang tua, yang melihat anak-anak di
zaman global ini tidak lagi mengidolakan tokoh jagoan lokal Indonesia seperti
tokoh wayang Gatotkaca.
Anak-anak sekarang ini
lebih menyukai super hero import rekaan seperti kartun Naruto, Doraemon, dan
sejenisnya, tegas pria yang juga merangkap sebagai Kepala Sekolah, “Ini
memprihatinkan. Orang tua di rumah dan kaum pendidik di sekolah sudah
semestinya tergerak untuk mengenalkan dan menghidupkan kembali tokoh-tokoh yang
bisa jadi panutan anak-anak. Tak kenal maka tak sayang!”
Ditanya proses kreatif
penciptaan game edukasi “Belajar Mengenal Angka Bersama Kak Gatotkaca”, dengan
rendah hati ia menuturkan, media edukasi itu dibuat dengan aplikasi multimedia
yang lazim digunakan. Butuh waktu seminggu untuk menyusun game menjadi visual
yang menarik.
Pada game tersebut diceritakan
istana Pringgondani Gatotkaca dihilangkan oleh raksasa. Sang Raksasa mau
mengembalikan jika Gatotkaca mampu melewati soal-soal hitungan. Ada juga
pintu-pintu permainan angka hingga pintu bernyanyi angka.
Pada penilaian tahap
pertama, dari 120 karya yang masuk diseleksi menjadi 27 untuk dinilai pada
babak final. Dan dari 3 juara utama hanya Fauzan A. Mahanani yang berasal dari
guru sedang juara 1 dan 2 diraih kalangan profesional animasi, masing-masing
Randi Catono Putro dari Studio Animars Yogyakarta dan Latifah Nurrachma dari
Perusahaan Edugame Surabaya. Rencananya, pemenang lomba ini hasilnya akan
digandakan dalam keeping CD dan disebarkan secara gratis kepada sekolah-sekolah
di seluruh Indonesia sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar.
Fauzan selain aktif
sebagai guru di SMK Darunnajah, adalah ketua Forum Multimedia Edukasi
(Formulasi) Provinsi Jawa Tengah. Ia berharap games komputer buatannya dapat menjadi media belajar sains
(mengenalkan matematika dasar) sekaligus menanamkan pendidikan karakter bagi
anak-anak usia dini mulai umur 4 sampai dengan 6 tahun. Anak-anak diajak untuk
mengenal tokoh gatotkaca, sehingga secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa
kecintaan pada seni dan budaya Indonesia. (s.bag).
0 komentar:
Posting Komentar