Rabu, 08 Agustus 2012

Kepala SMK Darunnajah Memenangkan Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Fauzan A Mahanani, S.Pd, Kepala SMK Darunnajah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berhasil meraih Juara 3 Tingkat Nasional dalam Lomba Media Pembelajaran (Permainan Interaktif berbasis komputer) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan RI tahun 2012.

Game Interaktif berjudul “Belajar Mengenal Angka Bersama Kak Gatotkaca” berhasil menyisihkan 120 peserta dari seluruh penjuru tanah air dalam ajang bergengsi yang diikuti kalangan pendidik maupun praktisi multimedia, baru-baru ini di Jakarta.
Yang menarik dari game buatan Guru SMK Darunnajah itu adalah “Gatotkaca” yang menjadi tokohnya. Dipilihnya karakter Gatotkaca menurut Bapak dengan satu anak ini, karena keprihatinan dirinya dan mungkin para orang tua, yang melihat anak-anak di zaman global ini tidak lagi mengidolakan tokoh jagoan lokal Indonesia seperti tokoh wayang Gatotkaca.
Anak-anak sekarang ini lebih menyukai super hero import rekaan seperti kartun Naruto, Doraemon, dan sejenisnya, tegas pria yang juga merangkap sebagai Kepala Sekolah, “Ini memprihatinkan. Orang tua di rumah dan kaum pendidik di sekolah sudah semestinya tergerak untuk mengenalkan dan menghidupkan kembali tokoh-tokoh yang bisa jadi panutan anak-anak. Tak kenal maka tak sayang!”
Ditanya proses kreatif penciptaan game edukasi “Belajar Mengenal Angka Bersama Kak Gatotkaca”, dengan rendah hati ia menuturkan, media edukasi itu dibuat dengan aplikasi multimedia yang lazim digunakan. Butuh waktu seminggu untuk menyusun game menjadi visual yang menarik.
Pada game tersebut diceritakan istana Pringgondani Gatotkaca dihilangkan oleh raksasa. Sang Raksasa mau mengembalikan jika Gatotkaca mampu melewati soal-soal hitungan. Ada juga pintu-pintu permainan angka hingga pintu bernyanyi angka.
Pada penilaian tahap pertama, dari 120 karya yang masuk diseleksi menjadi 27 untuk dinilai pada babak final. Dan dari 3 juara utama hanya Fauzan A. Mahanani yang berasal dari guru sedang juara 1 dan 2 diraih kalangan profesional animasi, masing-masing Randi Catono Putro dari Studio Animars Yogyakarta dan Latifah Nurrachma dari Perusahaan Edugame Surabaya. Rencananya, pemenang lomba ini hasilnya akan digandakan dalam keeping CD dan disebarkan secara gratis kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar.
Fauzan selain aktif sebagai guru di SMK Darunnajah, adalah ketua Forum Multimedia Edukasi (Formulasi) Provinsi Jawa Tengah. Ia berharap games komputer buatannya dapat menjadi media belajar sains (mengenalkan matematika dasar) sekaligus menanamkan pendidikan karakter bagi anak-anak usia dini mulai umur 4 sampai dengan 6 tahun. Anak-anak diajak untuk mengenal tokoh gatotkaca, sehingga secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa kecintaan pada seni dan budaya Indonesia. (s.bag).

0 komentar:

Posting Komentar