Sabtu, 22 September 2012

“Gandum” Sumber Karbohidrat yang Memiliki Banyak Khasiat

Jika anda ditanya apakah sudah pernah makan roti?, jawaban yang pasti adalah sudah semua. Namun kebanyakan dari kita baru memakan roti yang terbuat dari tepung terigu.

Tepung terigu memang berasal dari gandum, tetapi yang dimaksud roti gandum adalah roti yang terbuat dari gandum utuh yang digiling. Ada perbedaan rasa, aroma serta kandungan gizi dalam roti yang dibuat menggunakan tepung gandum dan tepung terigu.
Rasa roti yang dibuat dengan tepung gandum terasa lebih gurih, aroma segar, tidak menggunakan telur dan pengembang buatan. Teksturnya padat dan lembut dan membuat kita lebih kenyang. Hal ini karena tepung gandum mengandung banyak serat dibandingkan tepung terigu.
Gandum adalah sumber karbohidrat, sama halnya dengan nasi, sagu, singkong, ubi. dan talas.  Yang berbeda pada gandum dan beras adalah cara pengolahan dan kandungan gizinya. Selama ini gandum dijadikan sebagai pengganti nasi yang baik bagi penderita diabetes karena jumlah glukosanya yang rendah.
Kandungan serat yang tinggi pada gandum diyakini dapat mencegah serangan jantung, menyerap kolestrol sekaligus membuangnya dengan baik. Selain itu gandum juga mengandung senyawa fitokimia atau senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan.
Senyawa itu juga dapat menekan resiko jantung koroner. Asam fitat dalam gandum juga dapat melindungi usu besar dari kemungkinan serangan kanker kolon. Gandum juga dipercaya memiliki anti oksidan yang dapat mengikat ion radikal bebas sehingga tidak membahayakan tubuh manusia.
Begitu baiknya khasiat gandum bagi kesehatan manusia, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara saat ini sedang mengembangkan tanaman gandum di wilayah dataran tinggi Dieng. Dari data yang ada saat ini di Kabupaten Banjarnegara ada tanaman gandung seluas 40 hektare yang tersebar di daerah Kecamatan Batur, Wanayasa, Kalibening dan di Kecamatan Pejawaran.
Menurut Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banjarnegara Dwi Atmaji, dalam tahun 2013 nanti tanaman gandum akan diperluas menjadi 100 hektare. (s.bag).

0 komentar:

Posting Komentar