Jumat, 20 April 2012

13 Group Ketoprak di Banjarnegara Mengikuti Festival

Sedikitnya 13 group ketoprak  yang ada di Kabupaten Banjarnegara mulai sore ini hingga besok malam (20 -21 April 2012) akan mengikuti Festival I yang berlangsung di gedung Korpri setempat.
Wakil Ketua panitia pelaksana Festival Giri Praptono, MM. mengatakan, group ketoprak tersebut berasal dari beberapa Kecamatan seperti Kecamatan Purworejo Klampok, Susukan, Mandiraja, Purwanegara, Bawang, Madukara, Banjarmangu serta dari Kecamatan Punggelan. Peserta lainnya adalah dari group Permadani, PGRI dan group ketoprak Pemkab. Banjarnegara.
Dikatakan, pada festival kali ini peserta akan membawakan cerita babad atau carangan yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara. Untuk hari pertama, panitia akan menapilkan lima peserta, sedangkan pada hari kedua akan ditampilan delapan peserta yang akan dimulai pukul 09.00 WIB hingga malam hari.
Dengan adanya festival tersebut, diharapkan akan membangkitkan kembali group kesenian ketoprak di wilayah Kabupaten Banjarnegara, ucap Giri Praptono.
Keluar sebagai juara I group ketoprak "Purwa Budaya" dari Kecamatan Purwonegoro, yang menampilkan cerita Jamaluddin Gugur yang sekaligus ditetapkan sebagai penulis skenario terbaik. Juara II group ketoprak "Permadani dengan lakon "Anteping Katresnan", sedangkan juara III di raih group ketoprak "Serayu Langen Budaya" dengan lakon "Pedut Gunung Lawe". (s.bag)

0 komentar:

Posting Komentar